Featured Posts
Recent Articles

PKS Mulai Jaring Calon Presiden

Bandung - Salah satu agenda Rapat Koordinasi Nasional Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang digelar akhir pekan ini di Bandung adalah menjaring usulan calon presiden yang bakal diusung partai itu. “Kalau di Rakornas bukan pembahasan (calon presiden), tapi wilayah-wilayah mengirimkan nama-nama untuk calon (presiden), setor namanya,” kata salah seorang panitia Rakornas, Ketua DPP PKS Bidang Wilayah Dakwah Banten, Jakarta, dan Jawa Barat, Ma’mur Hasanuddin, di Bandung, Selasa, 31 Januari 2012.

Rakornas PKS itu akan digelar selama tiga hari mulai 5 Februari 2012 nanti di Hotel Grand Pasundan Bandung. Ma’mur mengatakan Rakornas itu untuk memulai rangkaian Rapat Kerja Nasional partainya, yang puncaknya akan digelar tanggal 26-30 Maret 2012 di Medan, Sumatera Utara.

Ma’mur menjelaskan khusus soal penjaringan nama-nama bakal calon presiden, pengurus partai di level DPW provinsi diminta menyetorkan nama-nama yang pantas untuk diusung partai itu untuk menjadi calon presiden pada pemilu 2014. ”Dia boleh menjaring nama dari wilayahnya, bisa menunjuk dari wilayah lain, tidak terlalu dibatasi dari sisi jumlah, asal memenuhi kriteria,” katanya.


Menurut dia, nama bakal calon presiden itu tidak dibatasi dari internal partai semata, asalkan memenuhi kriteria. Soal kriteria calon itu, menurut Ma’mur, di antaranya tokoh nasional yang sudah dikenal publik, punya
track-record atau rekam jejak baik, serta tidak tersangkut masalah hukum. ”Terserah, nanti kader mencalonkan siapa, kami membebaskan ke kader, mau internal, mau eksternal, silakan,” katanya.

Ma’mur mengatakan pengurus partai di level pusat membentuk panitia khusus untuk menampung nama-nama bakal calon yang bakal diusung PKS pada pemilu presiden nanti untuk diserahkan kepada Majelis Syuro. ”Rakornas itu menampung nama-nama yang diusung dari bawah, tentu finalisasi ada di Majelis Syuro yang akan memutuskan,” katanya. ”Kami juga belum tahu siapa yang akan diusulkan setiap wilayah.”


Ma’mur menuturkan selain setor nama calon presiden, sejumlah agenda yang jadi bahasan Rakornas itu di antaranya konsolidasi kader partai untuk memenangkan target menjadi 3 besar pemenang Pemilu 2014 nanti, serta menetapkan program strategis partai untuk setahun ini.


Wakil Ketua DPP PKS Yudi Widiyana Adya membenarkan salah satu agenda yang bakal dibahas di Rakornas itu di antaranya soal calon presiden. ”Di antaranya beberapa kebijakan strategis bisa dimuat di Rakornas ini untuk ditetapkan di Mukernas nanti, terutama suksesi kepemimpinan bangsa ini,” katanya

Sumber : Tempo

Share and Enjoy:
We will keep You Updated...
Sign up to receive breaking news
as well as receive other site updates!
Subscribe via RSS Feed subscribe to feeds
Sponsors
Template By SpicyTrickS.comSpicytricks.comspicytricks.com
Template By SpicyTrickS.comspicytricks.comSpicytricks.com
Popular Posts
Recent Stories
Connect with Facebook
Sponsors
Recent Comments