Featured Posts
Recent Articles

Giliran Salafi Yaman Akan Mendirikan Partai Politik

Kalangan salafi  di Yaman telah memutuskan untuk mendirikan partai politik untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka. Hal tersebut sebagai respon atas lengsernya Ali Abdullah Shaleh dari kursi kekuasaan.

DR. Aqil Muqthiri, salah seorang anggota Persatuan Ulama Yaman dan juga anggota Organisasi Al-Hikmah di Yaman yang memiliki pemahaman salafi, mengumumkan bahwa kalangan salafi di Yaman berencana mendirikan partai atau aliansi politik baru yang akan berkecimpung di dunia politik negeri tersebut.

Beliau menambahkan, "Ada pandangan kurang tepat yang sebelumnya dipahami secara merata oleh kalangan salafi seputar aktifitas politik yang bersumber dari sikap taklid buta, yaitu pandangan bahwa pemilu dan parlemen bertentangan dengan aqidah wala dan bara dan bahwa hal ini hanya akan menguntungkan kalangan sekuler. Ini adalah pandangan yang  kurang tepat."

Muqthiri mengatakan bahwa setelah berlalu sekian lama, kajian dalam internal salafi memberikan kemajuan cara berfikir. Dan bersamaan dengan musim semi Arab, rencana ini dimunculkan seiring dengan tumbangnya diktator dengan rezim pemerintahannya yang bobrok dan sering melakukan pencitraan buruk terhadap aktifis Islam secara umum dan kalangan salafi secara khusus.

 DR. Muqthiri menjelaskan bahwa kalangan salafi Yaman telah melakukan serangkaian dialog dan musyawarah di antara berbagai kelompok mereka untuk mendirikan partai atau aliansi politik agar dapat berpartisipasi aktif dalam kehidupan politik di Yaman.

Adapun mengenai hubungannya dengan partai Ishlah yang memiliki pemahaman Ikhwan, DR. Aqil Muqthiri mengatakan, "Hubungan kami dengan Ishlah adalah hubungan saling tolong menolong dan saling melengkapi, selama tidak bertentangan dengan syariat dan kemaslahatan. Kami akan belajar dari pengalaman politik mereka, karena mereka lebih dahulu dalam masalah ini. Mereka pun dapat mengambil manfaat dari kalangan salafi yang banyak mendalami perkara-perkara syariah dan aqidah."
 
Sumber : Islamedia

Share and Enjoy:
We will keep You Updated...
Sign up to receive breaking news
as well as receive other site updates!
Subscribe via RSS Feed subscribe to feeds
Sponsors
Template By SpicyTrickS.comSpicytricks.comspicytricks.com
Template By SpicyTrickS.comspicytricks.comSpicytricks.com
Popular Posts
Recent Stories
Connect with Facebook
Sponsors
Recent Comments