Featured Posts
Recent Articles

Kiat Politikus PKS Habib Nabil al-Musawwa Agar Tidak Terkontaminasi

Jika berkunjung ke Gedung DPR, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta dan melihat salah satu anggota DPR RI yang mengenakan kopiah berwarna putih atau lebih dikenal kopiah haji, dialah Habib Nabil al-Musawwa. Siapa dia?
Politikus dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang juga anggota Komisi Pertanian DPR RI ini memang konsisten menggunakan kopiah berwarna putih, alias kopiah haji. “Sudah lima tahun, sebelum saya menjadi anggota DPR telah membiasakan menggunakan kopiah putih ini,” katanya kepada INILAH.COM di gedung DPR, Jakarta, Kamis (12/1/2012).

Dia menyebutkan, penggunaan kopiah haji ini untuk menjaga agar ia tidak terkontaminasi. Selain itu, kata Nabil, hal ini juga menjadi ciri khas habib. “Ini juga menjadi ciri khas para habaib,” tegas Nabil.
Sekadar informasi, Habib Nabil al-Musawwa merupakan kakak kandung pimpinan Majelis Rasulullah Habib Munzir al-Musawwa. Majelis ini secara rutin menggelar pengajian al-Quran dan al-Hadits di sekitar wilayah Jabotabek. Nabil mengaku, koleksi kopiah putih yang ia miliki tidak begitu banyak yakni hanya sekitar lima buah. [inilah.com]
Habib Nabil lahir di Cianjur empat puluh tahun yang lalu. Ayahnya bernama Ali bin Abdurrahman al-Musawa lahir di Palembang sedang kakeknya kelahiran Makkah. ”Hanya saja, setelah Perang Dunia II, kami terputus hubungan dengan kakek.” ungkap Habib. Adik kakek Habib Nabil, yaitu Habib Muhsin al-Musawa adalah pendiri Ma’had Darul Ulum al-Diniyyah yaitu pesantren pertama kali berdiri untuk orang Indonesia di Makkah. Saat ini sudah menjadi besar, bahkan diakuisi oleh pemerintah Arab Saudi dan dijadikan untuk umum. Banyak tokoh yang sudah lahir dari pesantren itu, salah satunya adalah Habib Muhammad bin Alwi al-Maliki.
Istri beliau adalah seorang keturunan ke-35 dari Rasulullah, yaitu Syarifah Faridah al-Haddad yang merupakan keturunan dari Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad, sang pemilik Ratibul Haddad, sebuah kitab berisi zikir dan wirid yang ma’tsur serta banyak diamalkan di kalangan umat Islam Indonesia. Syarifah Faridah banyak mengelola majelis taklim di Cianjur, Bogor dan sekitarnya.

Salah satu adik Habib Nabil adalah Habib Mundzir bin Ali al-Musawa, pemimpin Majelis Rasulullah yang berpusat di Masjid al-Munawar Pancoran. Majelis Rasulullah adalah tempat berkumpul para alumni Ma’had Darul Musthafa asuhan Habib Umar bin Hafidz dari Tarim Hadramaut, Yaman. Secara informal, Habib belajar ilmu-ilmu alat dan syariat kepada kakek, yaitu Habib Abdurrahman bin Ali al-Musawa. Juga kepada ayah dan paman beliau yang lama di Makkah dan Madinah. Setelah itu sempat belajar di Pesantren al-Khairat Condet asuhan Habib Salim Segaff al-Jufri (sekarang menjadi MENSOS). Selain itu, Habib sendiri pernah mengenyam short course yang diadakan oleh Universitas Madinah selama 2 bulan atas undangan WAMY (World Assembly Moslem Youth) di tahun 1993.

Sumber : http://www.pkspiyungan.org/2012/01/kiat-politikus-pks-habib-nabil-al.html

Share and Enjoy:
We will keep You Updated...
Sign up to receive breaking news
as well as receive other site updates!
Subscribe via RSS Feed subscribe to feeds
Sponsors
Template By SpicyTrickS.comSpicytricks.comspicytricks.com
Template By SpicyTrickS.comspicytricks.comSpicytricks.com
Popular Posts
Recent Stories
Connect with Facebook
Sponsors
Recent Comments