Featured Posts
Recent Articles

Anis Matta: Parpol sumber rekrutmen kepemimpinan nasional

Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta mengatakan partai politik merupakan sumber rekrutmen kepemimpinan nasional pada masa yang akan datang.

"Sistem apapun yang ditetapkan oleh DPR RI, kita harus memastikan bahwa partai itu difungsikan sebagai sumber rekrutmen kepemimpinan nasional. Bukan sebagai event organizer pada pemilu," kata Anis Matta di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu.

Anis menyebutkan, bila partai politik tidak menjadi sumber rekrutmen kepemimpinan nasional, diperkirakan akan menumpulkan fungsi partai politik sebagai pilar demokrasi.

"Akibat jangka panjang adalah kaderisasi kepemimpinan nasional tidak akan terjadi. Yang akan muncul adalah pemimpin-pemimpin populis yang belum tentu memiliki kompetensi  yang memadai," kata Wakil Ketua DPR RI itu.

Untuk mewujudkan lahirnya kaderisasi pemimpin nasional di masa yang akan datang, salah satu caranya adalah dengan menciptakan sistem pemilu yang baik. PKS, kata Anis,  mengusulkan agar sistem pemilu yang baik adalah dengan menerapkan sistem pemilu tertutup (nomor urut)

"Yang menentukan adalah sistem terbuka (suara terbanyak) atau tertutup. Yang bagus adalah sistem tertutup, itu yang diusulkan PKS. Karena partai politik adalah sumber rekrutmen kepemimpinan nasional, agregasi dan penyarluran aspirasi serta ongkos lebih murah dan mampu menghilangkan kompetisi di internal partai," kata dia.

"Kalau sistem terbuka, akan semakin tinggi ongkos pemilu, sama artinya kita mendorong politik kita dikendalikan oleh pemilik modal bukan pemilik suara. Dalam sistem demokrasi, tarik menariknya antara vote dan capital. Kita mesti memastikan sistem pemilu kita agar minim capital dan berorientasi pada suara," tambah Anis.

Sedangkan untuk ambang batas perolehan kursi parlemen atau parliamentary threshold (PT) dan alokasi kursi per daerah pemilihan adalah bagian teknis yang tak terlalu merisaukan PKS.

"Untuk PT, PKS usulkan angka antara 3-4 persen. Sedangkan untuk alokasi kursi per daerah pemilihan, PKS berharap tidak mengarah pada sistem distrik. Pengurangan jumlah alokasi per daerah pemilihan juga mempermudah sistem, wilayah teritori kampanye caleg dan bisa meringankan ongkos. Tetapi yang perlu dipikirkan dalam penetapan kursi dapil itu adalah masalah pembagian wilayah," kata Anis Matta.

Sumber : http://www.antaranews.com/berita/293342/anis-matta-parpol-sumber-rekrutmen-kepemimpinan-nasional

Share and Enjoy:
We will keep You Updated...
Sign up to receive breaking news
as well as receive other site updates!
Subscribe via RSS Feed subscribe to feeds
Sponsors
Template By SpicyTrickS.comSpicytricks.comspicytricks.com
Template By SpicyTrickS.comspicytricks.comSpicytricks.com
Popular Posts
Recent Stories
Connect with Facebook
Sponsors
Recent Comments